News

Online sistem yang diterapkan di pelabuhan sangat menguntungkan semua pihak. Misalnya, inaportnet kapal dan barang, juga E-Billing, dan e-service.

Dua tahun lalu, Kemenhub meng-go live inaportnet untuk diberlakukan di pelabuhan-pelabuhan utama di Indonesia, serta beberapa pelabuhan kelas satu.

Contohnya, pelabuhan Tanjung Priok, Tanjung Perak, Makassar, Belawan, Banten, Tanjung Emas, dan sebagainya.

Penerapan inaportnet di Belawan, misalnya, sudah berjalan dua tahunan. Menurut Kepala Otoritas Pelabuhan Utama Belawan, Jece Julita Piris, saat dihubungi Ocean Week di kantornya, menyatakan Inaportnet di pelabuhan utama Belawan, tidak ada permasalahan selama beberapa waktu terakhir ini.

“Tidak ada terjadi permasalahan aplikasi atau trouble. Dan upgrade pada aplikasi Inaportnet, dilakukan terakhir Juli, untuk versi 2,0,” katanya.

Julita juga menyatakan, tidak terasa penerapan Inaportnet sudah 2 tahun di Pelabuhan Belawan. “Penerapan inaportnet disini dimulai pada tahun 2016,” ungkapnya.
Sistem online inaportnet ini, kata KaOP Belawan, sangat membantu pelayaran, karena dengan sistem online yang tadinya manual, menjadi lebih efisien dan mudah. “Waktu juga lebih cepat,” ucapnya lagi.

Sementara itu, Pebri Heprinaldi dari pelayaran Tri Daya Laju yang dimintai komentarnya terkait inaportnet,, menyatakan sustem online inaportnet tersebut bagus.

“Setelah sistem Inaportnet berjalan sekitar 2 tahun, telah terjadi perubahan, dan ini sangat baik sekali dari sistem proses dokumen melalui aplikasi online tentu sangat cepat. Dan kami rasakan selama ini cukup baik, dalam memproses pelayanan kapal dan barang,” ujarnya.

Kalaupun adamasalah pada aplikasinya, ungkap Penting, tidak mengganggu operasional, serta keterlambatan waktu.

“Sekarang, setelah pemerintah melakukan perubahan layanan dari manual ke online, sangat menguntungkan para pengguna jasa, apalagi dengan diluncurkannya Integritas Billing Sistem atau IBS, oleh Pelindo 1, semakin memudahkan pengguna Jasa,” paparnya . (rat/ow)

 

 

Sumber : http://oceanweek.co.id/inaportnet-di-belawan-untungkan-semua-pihak/

Copyright © 2011 Cabang Pelabuhan Belawan

Best viewed with Firefox, Chrome, Opera and Safari